Tuesday, November 11, 2014

Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengajar


Proses belajar mengajar disekolah menjadi salah satu proses yang penting dalam rangka meningkatkan pengatahuan siswa. Meski demikian, proses pembelajaran itu tidak sekedar guru menyampaikan materi lalu siswa mendengarkan dan mencatat. Dalam proses penyampayan materi, perlu ada pendekatan pembelajaran agar materi yang disampaikan itu benar-benar bisa dipahami oleh siswa yang bersangkutan dan kemudian bisa diaktualisasikan dengan baik.
Dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung, terjadi interaksi yang memiliki tujuan tertentu. Guru dan anak didikan yang menggerakkannya. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memberikan makna dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan anak didik dalam belajar. Guru tentu saja ingin memberikan layanan yang baik kepada anak didik. Hal ini bertujuan, selain untuk mencapai target dari guru itu sendiri, siswa juga merasa senang dan bergairah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, serta lebih merasa bersahabat dengan guru yang mengajar.
Pendekatan dalam belajar mengajar dapat diartikan sebagai titik tolah atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari materi metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik karena keberhasilan belajar mengajar lebih banyak ditentukan oleh guru dalam mengelola kelas. Pandangan guru terhadap perserta didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap guru tidak selalu mempunyai pandangan  yang sama dalam menilai anak didik. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran. Sebaliknya, guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala perbedaan, sehingga mudah melakukan pendekatan dan pengajaran.
Berbicara tentang kegiatan belajar mengajar, ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Cara pendekatan ini bersifat fleksibel. Jadi, prinsip baku tidak berlaku dalam pendekatan ini. Setiap guru bisa menggunakan cara pendekatan tertentu dalam menyesuaikan. Materi yang akan disampaikan.

Daftar Pustaka

Hamiyah N. Dan Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta ;
            Prestasi Pustaka Publisher
 

No comments:

Post a Comment