Strategi belajar dan tipe belajar
merupakan bidang garapan yang kini banyak menarik minat para pengaji
pembelajaran bahasa kedua. Strategi belajar dipersepsikan dan diartikan
berbeda-beda. Ada yang menggambarkan strategi belajar sebagai sifat, tingkah
laku yang tidak teramati, atau langkah nyata yang dapat diamati (Huda, 1999).
Dari segi ruang lingkupnya, sebagai ahli beranggapan bahwa strategi belajar
hanya mencangkup hal-hal yang berkaitan dengan proses internalisasi sistwm
bahasa; namun ada sebagian yang beranggap bahwa strategi belajar juga
mencangkup proses pemakayan bahasa untuk berkomunikasi.
Hakikat strategi pembelajaran oleh mujiono
(1992) diartikan sebagai berikut.
“Kegiatan
pengajaran untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara
aspek-aspek dan komponen pembentuk sistem instruksional, di mana untuk itu
pengajar menggunakan siasat tertentu. Karena sistem intruksional merupakan
suatu kegiatan, maka pemikiran dan pengupayaan
pengkonsistensi aspek-aspek komponennya tidak hanya sebelum
dilaksanakan, tetapi juga saat dilaksanakan. Hal ini disasarkan pada pemikiran
bahwa suatu rancangan tidak selalu tepat pada saat dilakukan. Dengan demikian,
strategi pembelajaran memiliki dua dimensi sekaligus. Pertama, strategi
pembelajaran pada dimensi perencangan. Kedua, strategi pembelajaran pada
dimensi pelaksanaan.”
Pengertian strategi pembelajaran yang agak berbeda dengan pendapat
mujiono dekemukakan oleh Zaini dan Bahri (2003):
“Strategi
pembelajaran mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak
dalam usaha mencapai sasaran yang ditentukan. Dihubungkan dengan pembelajaran,
strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan pengajar dan peserta
didik dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan. Ada empat stratgi dasar dalam pembelajaran, yaitu
mengidentifikasikan apa yang diharapkan, memilih sistem pendekatan, memilih dan
menetapkan prosedur, metode, dan teknik pembelajaran, menetapkan norma-norma
dan batas minimal keberhasilan.”
Daftar
Pustaka
Santosa,
P. (2003). Materi dan Pembelajaran Bahasa
Indonesia SD.
Jakarta
: Universitas Terbuka
No comments:
Post a Comment