Tuesday, October 28, 2014

Pengertian Strategi belajar



   
  Strategi belajar dan tipe belajar merupakan bidang garapan yang kini banyak menarik minat para pengaji pembelajaran bahasa kedua. Strategi belajar dipersepsikan dan diartikan berbeda-beda. Ada yang menggambarkan strategi belajar sebagai sifat, tingkah laku yang tidak teramati, atau langkah nyata yang dapat diamati (Huda, 1999). Dari segi ruang lingkupnya, sebagai ahli beranggapan bahwa strategi belajar hanya mencangkup hal-hal yang berkaitan dengan proses internalisasi sistwm bahasa; namun ada sebagian yang beranggap bahwa strategi belajar juga mencangkup proses pemakayan bahasa untuk berkomunikasi.
     Hakikat strategi pembelajaran oleh mujiono (1992) diartikan sebagai berikut.
     “Kegiatan pengajaran untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dan komponen pembentuk sistem instruksional, di mana untuk itu pengajar menggunakan siasat tertentu. Karena sistem intruksional merupakan suatu kegiatan, maka pemikiran dan pengupayaan  pengkonsistensi aspek-aspek komponennya tidak hanya sebelum dilaksanakan, tetapi juga saat dilaksanakan. Hal ini disasarkan pada pemikiran bahwa suatu rancangan tidak selalu tepat pada saat dilakukan. Dengan demikian, strategi pembelajaran memiliki dua dimensi sekaligus. Pertama, strategi pembelajaran pada dimensi perencangan. Kedua, strategi pembelajaran pada dimensi pelaksanaan.”

     Pengertian strategi pembelajaran yang agak berbeda dengan pendapat mujiono dekemukakan oleh Zaini dan Bahri (2003):
     “Strategi pembelajaran mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang ditentukan. Dihubungkan dengan pembelajaran, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan pengajar dan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Ada empat stratgi dasar dalam pembelajaran, yaitu mengidentifikasikan apa yang diharapkan, memilih sistem pendekatan, memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik pembelajaran, menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan.”



Daftar Pustaka

Santosa, P. (2003). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD.
       Jakarta : Universitas Terbuka
 

No comments:

Post a Comment